Kehancuran sebuah negara diawali kehancuran moral dari bangsa itu

Kehancuran sebuah negara diawali kehancuran moral dari bangsa itu

Sejarahwan terkenal, Gibbon, pun menceritakan hal yang sama dalam bukunya, The Decline and The Fall of Roman Empire. Disebutkan bahwa kerajaan Romawi yang berbentuk imperium yang begitu besra dan ditakuti bangsa bangsa lain pada zamannya hancur dan binasa karena dipimpin oleh orang orang fasik, orang yang lagi mau memedulikan aturan dan akhlaq.

Para raja dan pejabarnta sudah tidak memiliki moral dan akhlaq lagi. Mereka hidup bermegah megah dan hanya mementingkan kepentingan dirinya. Mereka pun akhirnya hancur dan binasa (Cak Nur. 30 Sajian Rohani. hal 78)

Apa yang disampaikan Cak Nur adalah kasus yang terjadi berulang ulang dalam sejarah. Kehancuran sebuah negara biasanya diawali kehancuran moral dari bangsa itu. Kejujuran menjadi langka, dan bermewah mewah menjadi biasa. Kesederhanaan dipuji namun tak pernah dilakukan.

Allah SWT berfirman dalam QS. al Isro' : 17
وَإِذَا أَرَدْنَا أَن نُّهْلِكَ قَرْيَةً أَمَرْنَا مُتْرَفِيهَا فَفَسَقُوا فِيهَا فَحَقَّ عَلَيْهَا الْقَوْلُ فَدَمَّرْنَاهَا تَدْمِيرًا (16)

Jika Kami berkehendak menghancurkan sebuah tempat kami jadikan pemimpin pemimpinnya (menurut penafsiran Ibn Jarir ath Thobary) orang orang yang suka bermegah megah, lalu mereka berbuat fasik di tempat itu maka pantaslah tempat itu mendapat hukuman dari kami lalu kami hancurkan tempat itu sehancur hancurnya. (A. Halimy)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kehancuran sebuah negara diawali kehancuran moral dari bangsa itu"

Post a Comment