Kenapa ada perbedaan pendapat dalam islam ?


pertama. islam adalah agama yang ilmiah. penekanan pada ilmu dan kebebasan berfikir (bukan kengawuran berfikir, walau untuk membedakannya tidak mudah) sangat kuat. dalam ihya' ulumiddin, bab ilmu didahulukan sebelum bab sholat. anjuran dan keutamaan mencari ilmu banyak diajarkan dalam qur'an maupun sunnah.

kedua. karena itu, perbedaan pendapat adalah niscaya dan perbedaan pendapat itu jika menyangkut masalah masalah cabang agama (furu'iyyah) adalah keluasan, keluwesan dan keringanan dalam beragama, satu hal yang merupakan rahmat Allah pada ummat Islam dan tak perlu dijadikan dasar perpecahan.
perbedaan pendapat dalam islam

ketiga. ada 3 sumber kenapa muncul perbedaan pendapat. pertama masalah metodologi ijtihad (pola konstruksi berpikir yang berbeda). kedua penilaian tentang otentisitas sumber, terutama terkait dengan penilaian terhadap hadits Nabi karena kalau Qur'an sumbernya telah mutawatir (kitab syaikh muhammad awwamah atsarul hadits sangat baik menjelaskan ini). yang ketiga terkait pada pemaknaan bahasa Qur'an dan Hadits yang kadang berbeda antar para ulama' mujtahid.

keempat. al Khotthobi (dalam buku Hadis hadis Bermasalah karya Prof Ali Musthofa Ya'qub hal. 12) menyebut 3 macam perbedaan. pertama, perbedaan dalam menetapkan wujud dan keesaan Allah. perbedaan ini dalam hal ini menyebabkan kafir. perbedaan dalam hal sifat sifat Allah. ini bisa menimbulkan bid'ah. ketiga perbedaan dalam masalah cabang agama yang tak menyangkut prinsip dasar agama, maka ini adalah rohmat dari Allah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenapa ada perbedaan pendapat dalam islam ?"

Post a Comment